Tuesday, September 30, 2014

Download Patch Aplikasi Dapodik v.3.0.1/3.01 diperkirakan Rilis Januari 2014

Para Operator sekolah mungkin ingin mengetahui informasi mengenai kapan Download Patch Aplikasi Dapodik v.3.0.1/3.01  bisa dilakukan. Berdasarkan informasi dari manual book dapodikdas 2014 menerangkan bahwa Versi 3.00 akan expired di bulan Desember untuk membatasi pengisian 20141 (semester 1 tahun ajaran 2014/2015) dan untuk memunculkan pengisian semester 2 (20142). 


Seperti yang kita ketahui sebelumnya, patch merupakan sebuah software penambal (memperbaiki) setiap kekurangan yang ada pada aplikasi sebelumnya, misalnya ada beberapa contoh kasus dimana data PTK / Siswa menjadi ganda (biasa disebut mumi) di aplikasi dapodikdas v.3.0.0/v.300 sekarang ini.

Maka kita berharap pada Aplikasi Dapodik patch versi v.3.0.1/3.01, yang kemungkinan diRilis pada bulan januari bisa menjadi lebih baik dan tidak menampakan masalah, karena itu hanya akan membuat beban para operator sekolah bertambah. Amin.




Downloads:

Monday, September 29, 2014

Cara pengisian data di dapodikdas v.3.0.0 - Dapodikdas 2014 Part 5

Aplikasi dapodik sudah diinstal, registrasi pun sudah beres, berarti kita sekarang hanya tinggal isi data dapodik pada aplikasi tersebut. Jika kamu merasa kurang paham/tidak tahu bagaimana cara pengisian dapodikdas 2014 bisa lihat langsung video tutorialnya :

Dapodikdas V.3.00 - Registrasi peserta didik

    Untuk mendownload video Youtube tersebut untuk dijadikan dokumentasi supaya bisa ditonton secara offline, kamu bisa lihat cara mudah download youtube tanpa software di LINK INI

    Cara Mengembalikan Siswa dari Menu / Tabel Referensi ke Residu Verval PD

    Memindahkan kembali posisi seorang siswa yang berada di tabel referensi ke tabel residu masih bisa dilakukan terhadap siswa yang akan dicek kembali, terutama bagi siswa yang ternyata belum memiliki NISN disebabkan berbagai macam sebab, diantarnaya yaitu tidak telitinya seorang operator pada saat memerika setiap siswa sebelum dimasukkan ke tabel referensi. Bisa kita lihat salah satu siswa yang berada di menu atau tabel referensi tetapi belum memiliki NISN, contohnya seperti pada gambar ini

    Jika terjadi hal seperti itu, kita harus mengembalikannya ke tabel / menu residu untuk dilakukan generate NISN baru. Bagaimana caranya? Yuk, ikuti panduannya di bawah ini :
    1. Login ke verval PD seperti biasa, pilih menu Referensi,
    2. Klik nama siswa yang tidak memiliki NISN
    3. Klik Unmatch, OK. Maka siswa akan kembali ke tabel Residu.

    4. Sekarang kita pindah ke tabel residu
    5. Klik nama siswa, klik search sampai akhir, dan pada tabel hasil pencarian bertulikan "No Records Display"
    6. Klik Not Match, 
    7. Namun jika di kotak Search tercantum siswa tadi maka klik nama siswa di kotak pencarian, kemudian, match. Maka siswa tersebut akan mendapatkan NISN baru dan beralih masuk ke tabel Referensi.

    8. Selesai.

    Dengan adanya panduan Cara Mengembalikan Siswa dari Menu atau  Tabel Referensi ke Residu Verval PD, saya harapkan bisa membantu bagi OPS yang membutuhkan. Terima Kasih.

    Sunday, September 28, 2014

    Inilah Cara Memasukkan / Proses input (insert) NISN Siswa dari / Hasil Verval PD ke Aplikasi Dapodikdas 2014 (v.3.0.0)

    Proses Cara Input atau memasukkan NISN Siswa yang merupakan hasil dari konfirmasi verval PD sudah bisa kita ketahui (insert NISN siswa kelas 1 serta kelas lainnya), di tahun ajaran 2014/2015 ini operator sekolah sudah dapat melakukannya . Namun ada beberapa hal yang harus dipahami sebelum memasukkan / input NISN siswa dari verval PD (secara mekanisme), diantaranya yaitu :
    • NISN siswa harus sudah melewati proses konfirmasi  verval PD terlebih dahulu (NISN lama atau NISN baru)
    • Jarak waktu sinkronisasi antara Konfirmasi verval PD dengan server Info Pendataan kurang lebih setelah 1 x 24 jam (untuk melihat hasil update NISN Peserta Didik).
    • Setelah NISN sudah terupdate (muncul) di Tabel Peserta didik Info Pendataan, maka silahkan untuk melakukan Sinkronisasi Dapodik

    Penjelasan Instrumen
    Verval VD -> konfirmasi data -> Info Pendataan <--> sycn <-->
    Dapodikdas


    Penjelasan: Lakukan konfirmasi Verval Pd - (Tunggu kurang lebih 1 x 24 jam) sampai NISN terupdate di Data Peserta Didik Info Pendataan - lakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodik ke server info Pendataan , maka data NISN siswa akan terupdate di Aplikasi dapodikdas (secara otomatis).

    Dengan adanya informasi tentang Inilah Cara Memasukkan / Proses input (insert) NISN Siswa dari / Hasil Verval PD ke Aplikasi Dapodikdas 2014 (v.3.0.0) saya harapkan para OPS bisa terbantu.

    Untuk mengetahui beberapa panduan penting terkait dengan postingan ini bisa rekan OPS baca pada artikel  tentang Cara Mengembalikan Siswa yang berada di menu / tabel referensi ke tabel Residu (Unmatch), Cara Konfirmasi Verval PD dan Generate NISN baru untuk kelas I dengan cara Not Match, yang akan dipostingan di kesempatan berikutnya.





    Panduan Lengkap Cara Cek NISN Online

    Bagi Bapak/Ibu Guru/OPS yang belum mengetahui cara mengetahui NISN Siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA bisa langsung cek NISN tersebut di halaman http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data. Pada halaman tersebut nanti kita hanya perlu memasukkan data siswa untuk cek NISN seperti Nama, Tempat dan tanggal lahir. Contoh penulisannya bisa lihat berikut ini :
    (Pilih menu pencarian berdasarkan nama)

    • Budi Siswanto
    • Bandung
    • 20/03/2008


    Dengan menuliskan data tersebut, jika siswa sudah memiliki NISN maka akan keluar Nmor NISN untuk siswa yang dimaksud. Cara cek NISN secara online akan membuat kita lebih mudah untuk mencarinya, karena kita bisa melakukan pengecekkan tanpa harus datang ke kantor UPTD atau Dinas pusat.

    Perlu kita ketahui, jangan sampai tertukar pengertian antara NISN dan NIS. Terus apa itu NISN? NISN merupakan NOMOR INDUK SISWA NASIONAL, nomor induk tersebut memiliki peran secara Nasional (seluruh indonesia) atau merupakan nomor identitas siswa di kalangan nasional. Beda dengan NIS, NIS ini merupakan hanya NOMOR INDUK SEKOLAH yang diberikan kepada siswa dari sekolah (Kebijakan pemberian Nomor Identitas Siswa dari sekolah sekolah masing-masing).

    Mudah-mudahan dengan adanya penjelasan seperti ini, Bapak/Ibu Guru/OPS bisa mengerti mengenai cara cek NISN Online, Pengertian NISN dan NIS.

    Saturday, September 27, 2014

    Download INSTRUMEN PKG (Penilaian Kinerja Guru) untuk GURU KELAS/MATA PELAJARAN, GURU BK KONSELOR, GURU TUGAS TAMBAHAN WAKIL KEPALA SEKOLAH, KETUA PROGRAM KEAHLIAN, KEPALA SEKOLAH, KEPALA PERPUSTAKAAN, KEPALA LABORATORIUM - BENGKEL versi Office Word (.doc)

    Kebanyakan file instrumen untuk penilaian PKG yang telah tersebar berupa format pdf, sedangkan kita butuh menuliskan data-data dengan cara mengetik di microsoft Office word. Maka oleh karena itu daripada kita ketik ulang pengisian data semua intrument PKG lebih baik download dulu versi .doc atau Microsoft Wordnya di bawah ini :
    • download INSTRUMEN PK GURU KELAS - MATA PELAJARAN.doc
    • download INSTRUMEN PK GURU BK - KONSELOR.doc
    • download INSTRUMEN PK GURU TUGAS TAMBAHAN - WAKIL KEPALA SEKOLAH.doc
    • download INSTRUMEN PK GURU TUGAS TAMBAHAN - KETUA PROGRAM KEAHLIAN.doc
    • download INSTRUMEN PK GURU TUGAS TAMBAHAN - KEPALA SEKOLAH.doc
    • download INSTRUMEN PK GURU TUGAS TAMBAHAN - KEPALA PERPUSTAKAAN.doc
    • download INSTRUMEN PK GURU TUGAS TAMBAHAN - KEPALA LABORATORIUM - BENGKEL.doc

    Dengan demikian akan memudahkan kita mengisi data melalui Office word, dan hasil printoutnya pun menjadi lebih rapih tanpa harus repot-repot ketik ulang. Silahkan download, saya yakin file instrumen versi word ini akan sangat berguna bagi kita semua.

    Salama OPS.com :)


    Cara Penialain Kinerja Guru (PKG) 2014 Tugas Tambahan dan Download Instrumen untuk PKG Tugas Tambahan

    Setelah kita membahas mengenai Cara Penialain Kinerja Guru (PKG) 2014 Guru BK dan Download Instrumen PKG Guru BK, Cara Penialain Kinerja Guru (PKG) 2014 Guru Kelas/Mata Pelajaran dan download Instrumen PKG Guru Guru Kelas / Mata Pelajaran maka sekarang kita akan membahas mengenai Cara Penialain Kinerja Guru (PKG) 2014 Tugas Tambahan beserta Download Instrumen untuk PKG Tugas Tambahan.

    Pengelompokkan Pelaksanaan tugas tambahan (relevan dengan fungsi sekolah atau madrasah), dibagi menjadi 2 kelompok diantaranya yaitu :
    Tugas tambahan yang mengurangi jam mengajar tatap muka dan yang tidak mengurangi jam mengajar tatap muka.
    Tugas tambahan yang mengurangi jam mengajar tatap muka meliputi:
    (a) menjadi kepala sekolah/madrasah per tahun;
    (b) menjadi wakil kepala sekolah/madrasah per tahun;
    (c) menjadi ketua program keahlian/program studi atau yang sejenisnya;
    (d) menjadi kepala perpustakaan; atau
    (e) menjadi kepala laboratorium, bengkel, unit produksi, atau yang sejenisnya. Tugas tambahan yang tidak mengurangi jam mengajar tatap muka dikelompokkan menjadi 2 juga, yaitu tugas tambahan minimal satu tahun (misalnya menjadi wali kelas, guru pembimbing program induksi, dan sejenisnya) dan tugas tambahan kurang dari satu tahun (misalnya menjadi pengawas penilaian dan evaluasi pembelajaran, penyusunan kurikulum, dan sejenisnya)

    Untuk tutorial pengisian PKG guru  Tugas Tambahan, silahkan lihat di bawah ini :
    1. Login PTK sebagai Kepala Sekolah dan masuk pada dasbor PKG. Lihat langkah awalnya disini.
    2. Pilih bagian PK Guru Tugas Tambahan.
    3. Pilih Jenis / Fungsi Kinerja Pejabat Sekolah (Guru dengan tugas tambahan) yang akan di nilai kinerjanya, antara lain : Wakil Kepala Sekolah (Bidang Akademik, Bidang Kesiswaan, Bidang Sarana & Prasarana, Bidang Humas), Kepala Perpustakaan, Ketua Program Keahlian, Kepala Laboratorium. Klik tombol Mulai Menilai pada nama Guru dengan tugas tambahan untuk mulai melakukan penilaian kinerja guru.
    4. Khusus Penilaian dengan tugas tambahan Wakil Kepala Sekolah, tentukan Bidang Wakil Kepala sekolah untuk menetukan jenis instrumen yang diwakili.
    5. Isi instrumen penilaian sesuai dengan hasil penilaian manual pada lembar instrumen yang Anda bawa. Klik Lanjut untuk meneruskan pengisian Instrumen.
    6. Klik Simpan untuk menyimpan isian Instrumen yang telah Anda lakukan.
    7. Akan ditampilkan Rekap Hasil Penilaian Kinerja,
    8. klik CETAK untuk Lembar Persetujaun dan Evaluasi (S22 LAMPIRAN A) serta Lembar Rekap Hasil Penilaian (S22 LAMPIRAN B).

    9. Status guru dengan tugas tambahan yang baru saja Anda nilai telah berubah menjadi Sudah dinilai Kinerjanya (Centang hijau satu).
      telah_dinilai
    10. Lakukan penilaian kepada guru dengan tugas tambahan yang lainnya, misal guru dengan tugas tambahan sebagai Kepala Perpustakaan. Ulangi langkah pertama untuk mulai menilai guru yang lainnya.
    11. Klik tanda segitiga terbalik untuk Mengelola Penilaian, perhatikan gambar.


    Downloads:
    Lihat juga artikel yang berkaitan dengan, diantaranya yaitu :

    Cara Penialain Kinerja Guru (PKG) 2014 Guru BK dan Download Instrumen PKG Guru BK

    Kegiatan apa saja yang meliputi Penilaian kinerja dalam melaksanakan proses pembimbingan bagi guru Bimbingan Konseling (BK)/Konselor? Komponen yang dimaksud diantaranya yaitu :
    • Kegiatan merencanakan dan melaksanakan pembimbingan
    • Evaluasi dan menilai hasil bimbingan.
    • Analisis hasil evaluasi pembimbingan.
    • Melaksanakan tindak lanjut hasil pembimbingan.
    Yuk, kita coba untuk melakukan Penialain Kinerja Guru (PKG) 2014 Guru BK dengan mengikuti tahapan berikut ini :
    1. Login PTK sebagai Kepala Sekolah dan masuk pada dasbor PKG. Lihat langkah awalnya disini.
    2. Pilih bagian PK Guru BK
    3. klik tombol Mulai Menilai.
    4. Isi instrumen penilaian sesuai dengan hasil penilaian manual pada lembar instrumen yang Anda bawa. Klik Lanjut untuk meneruskan pengisian Instrumen
    5. Klik Simpan untuk menyimpan isian Instrumen yang telah Anda lakukan.
    6. Akan ditampilkan Rekap Hasil Penilaian Kinerja,
    7. klik CETAK untuk Lembar Persetujaun dan Evaluasi (S22b LAMPIRAN A) serta Lembar Rekap Hasil Penilaian (S22b LAMPIRAN B).

    8. Status guru yang baru saja Anda nilai telah berubah menjadi Sudah dinilai Kinerjanya (Centang hijau satu).
    9. Lakukan penilaian kepada guru yang lainnya. Ulangi langkah pertama untuk mulai menilai guru yang lainnya.
    10. Klik tanda segitiga terbalik untuk Mengelola Penilaian, perhatikan gambar.
    Sumber : Padamu Negeri
    Nah, di bawah ini adalah instrument PKG Guru BK yang bisa anda download dan diberikan kepada guru bersangkutan untuk diisi secara offline sebelum diinput ke padamu negeri.

    Downloads:
    Silahkan pelajari juga artikel yang masih bersangkutan dengan Cara Penialain Kinerja Guru (PKG) 2014 Guru BK dan Download Instrumen PKG Guru BK, diantaranya yaitu :

    Cara Penialain Kinerja Guru (PKG) 2014 Guru Kelas/Mata Pelajaran dan download Instrumen PKG Guru Guru Kelas / Mata Pelajaran

    Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Menyangkut pelaksanaan proses pembelajaran untuk guru mata pelajaran / guru kelas, yang diantaranya meliputi beberapa kegiatan untuk merencanakan serta melaksanakan belajar mengajar, evaluasi dan menilai, menganalisa hasil penilaian, dan dilanjutkan dengan tindak lanjut hasil penilaian yang merangkap 4 (empat) domain kompetensi tentunya harus dimiliki oleh semua guru.

    Adapun langkah-langkah pelaksanaan Penialain Kinerja Guru (PKG) 2014 Guru Kelas/Mata Pelajaran adalah sebagi berikut :
    1. Login PTK sebagai Kepala Sekolah dan masuk pada dasbor PKG. Lihat langkah awalnya disini.
    2. Pilih bagian PK Guru Mapel/Kelas
    3. klik tombol Mulai Menilai.
    4. Isi instrumen penilaian sesuai dengan hasil penilaian manual pada lembar instrumen yang Anda bawa. Klik Lanjut untuk meneruskan pengisian Instrumen.
    5. Klik Simpan untuk menyimpan isian Instrumen yang telah Anda lakukan.
    6. Akan ditampilkan Rekap Hasil Penilaian Kinerja,
    7. klik CETAK untuk Lembar Persetujaun dan Evaluasi (S22a LAMPIRAN A) serta Lembar Rekap Hasil Penilaian (S22a LAMPIRAN B).
    8. Status guru yang baru saja Anda nilai telah berubah menjadi Sudah dinilai Kinerjanya (Centang hijau satu).
    9. Lakukan penilaian kepada guru yang lainnya. Ulangi langkah pertama untuk mulai menilai guru yang lainnya.
    10. Klik tanda segitiga terbalik untuk Mengelola Penilaian, perhatikan gambar.
    Sumber gambar : Padamu Negeri 

    Dengan adanya tutorial Cara Penialain Kinerja Guru (PKG) 2014 Guru Kelas/Mata Pelajaran dengan disertai download 
    Lihat juga beberapa tutorial lain sesuai jabatan yang lain, silakan klik pada fungsi guru berikut di bawah ini:


        Instrumen PKG Guru Guru Kelas / Mata Pelajaran

        Downloads:

        Friday, September 26, 2014

        Cara Memasukkan Rombongan Belajar di Aplikasi Dapodik V. 3.0.0


        Bismillah.

        Saya ucapkan terima kasih kepada admin yang telah memberikan saya kesempatan untuk menulis pada blog ini.

        Di tulisan perdana ini, saya hanya sekedar sharing aja mengenai bagaimana cara memasukkan rombongan belajar pada aplikasi Dapodik V.3.0.0 karena meskipun sudah tertulis pada manual book Dapodik, tetapi masih banyak beberapa operator yang kesulitan dan dirasa cukup memakan waktu, termasuk saya (hehehehe).

        Oke langsung saja ke TKP.
        1.Buka Aplikasi Dapodik kemudian Login


        2.  Masuk ke menu Rombongan belajar, pilih Action Menu kemudian klik kenaikan kelas


        3. Maka aplikasi dapodik akan langsung bekerja otomatis memasukkan siswa sesuai dengan rombelnya masing-masing, sehingga para operator tidak perlu memasukkan siswa satu persatu ke dalam rombel (manual) kecuali siswa baru. 

         4. Terakhir, kita cek pada setiap rombelnya  untuk siswa yang keluar dan siswa mengulang lalu keluarkan dari rombel. Selesai

        Sekian tutorial singkat Cara Memasukkan Rombongan Belajar di Aplikasi Dapodik V. 3.0.0 ini, semoga bermanfaat
        Terima kasih