Wednesday, June 4, 2014

Skripsi Komputer - PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN PENERAPAN MODUS PENGALAMATAN DAN OPERASI ARITMATIKA PADA MIKROPROSESOR INTEL 8088/8086

Judul :

PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN PENERAPAN

MODUS PENGALAMATAN DAN OPERASI ARITMATIKA PADA MIKROPROSESOR INTEL 8088/8086

Review :


A. Latar Belakang Pemilihan Judul

Prosesor Intel 8088/8086 merupakan mikroprosesor yang menjadi mesin bagi mikrokomputer-mikrokomputer IBM PC/XT dan kompatibelnya. Prosesor ini sering disebut dengan singkat sebagai “8088” atau “8086” saja. Walaupun perangkat keras 8088 sedikit berbeda dengan 8086, tetapi keduanya dapat dipandang sama dari sisi pemrograman. Intel 8088/8086 adalah prosesor 16 bit, artinya lintasan data dan register-nya berukuran 16 bit.
Kebanyakan instruksi dalam program bahasa Assembly membutuhkan operan, yaitu data yang akan diolah. Cara menentukan atau memperoleh harga operan ini disebut sebagai modus pengalamatan (addressing mode). Modus pengalamatan terbagi atas beberapa macam antara lain, pengalamatan register, pengalamatan segera, pengalamatan langsung dan pengalamatan tak langsung. Selain itu, dalam mempelajari bahasa Assembly, kita harus menghafalkan semua register dan mengerti kegunaannya masing – masing. Registeradalah sebagian kecil memori komputer yang dipakai untuk tempat penampungan data dengan ketentuan bahwa data yang terdapat dalam register dapat diproses dalam berbagai operasi dengan melihat berapa besar kemampuan menampung registertersebut. Register dapat dibagi dalam lima golongan yaitu general purpose register (AX, BX, CX dan DX), segment register (CS, DS, SS dan ES), pointer register (IP, SP dan BP), index register (SI dan DI) dan flag register.
Penulis tertarik untuk mempelajari tentang modus pengalamatan dan operasi aritmatika pada bahasa Assembly dan mengamati perubahan isi register yang terjadi. Oleh karena itu, penulis mengambil tugas akhir (skripsi) dengan judul “Perangkat Lunak Pembelajaran Penerapan Modus Pengalamatan dan Operasi Aritmatika pada Mikroprosesor Intel 8088/8086”.

B. Perumusan Masalah

            Berdasarkan latar belakang pemilihan judul, maka yang menjadi permasalahan adalah,
  1. Bagaimana merancang user interface dari perangkat lunak pembelajaran.
  2. Bagaimana mengecek kebenaran (validasi) dari barisan Assembly code yang di-input.
  3. Bagaimana menjelaskan proses penerapan modus pengalamatan dan operasi aritmatika pada mikroprosesor Intel 8088/8086 dan perubahan isi register yang terjadi.




C. Tujuan dan Manfaat
            Tujuan penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah untuk merancang suatu perangkat lunak pembelajaran penerapan modus pengalamatan dan operasi aritmatika pada mikroprosesor Intel 8088/8086.
            Manfaat dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini, yaitu perangkat lunak hasil rancangan dapat digunakan untuk membantu pembelajaran Mikroprosesor dan sekaligus menjadi perangkat pendukung dalam proses belajar mengajar.

D. Pembatasan Masalah
Karena keterbatasan waktu dan pengetahuan penulis, maka ruang lingkup permasalahan dalam merancang perangkat lunak ini antara lain :
  1. Input dari perangkat lunak berupa kumpulan barisan Assembly code.
  2. Perangkat lunak akan menunjukkan proses perubahan isi register untuk barisan Assembly code secara baris demi baris.
  3. Jumlah barisan Assembly code dibatasi maksimal 50 baris.
  4. Instruksi aritmatika yang didukung mencakup operasi penjumlahan (ADD dan ADC), pengurangan (SUB dan SBB), perkalian (MUL), pembagian (DIV), increment (INC) dan decrement (DEC). Sedangkan instruksi pengalamatan yang didukung berupa instruksi MOV.
  5. Modus pengalamatan yang didukung mencakup modus pengalamatan register dan pengalamatan segera.

E. Metodologi Penyelesaian
            Langkah – langkah pembuatan perangkat lunak ini antara lain :
  1. Membaca dan mempelajari buku – buku Mikroprosesor dan Bahasa Rakitan.
  2. Mempelajari cara kerja dari mikroprosesor Intel 8088/8086.
  3. Mempelajari cara atau proses kerja dari modus pengalamatan dan operasi aritmatika pada mikroprosesor Intel 8088/8086 dan mengamati perubahan isi register yang terjadi.
  4. Mempelajari teknik – teknik dasar pemrograman dengan menggunakan Visual Basic 6.0.
  5. Merancang interface untuk perangkat lunak pembelajaran.
  6. Merancang perangkat lunak pembelajaran penerapan modus pengalamatan dan operasi aritmatika pada mikroprosesor Intel 8088/8086 dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0.
  7. Melakukan pengujian dan pengetesan terhadap perangkat lunak hasil rancangan.
 

Downloads:

No comments:

Post a Comment